Minggu, 12 September 2010

Mengajar Bahasa Inggris dengan Game



Belajar Bahasa Inggris bagi sebagian siswa adalah pelajaran yang sulit, bahkan kadang terasa sangat membosankan. Ini bisa disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah karena tidak semua guru bisa membawa murid mereka ke dalam suasana belajar yang menyenangkan, dan ini juga bisa dimaklumi karena mereka masih terkendala dengan muatan kurikulum yang harus mereka selesaikan dalam kurun waktu tertentu. Sehingga waktu untuk berimprovisasi dalam mengajar pun menjadi penghalang.

Mengajar Bahasa Inggris melalui metode bermain sudah sejak lama  diperkenalkan oleh para pakar bahasa. Dan terbukti metode ini telah berhasil ketika diaplikasikan di dalam kelas dan dampaknya pun bisa dirasakan oleh para siswa. Para siswa menganggap bahwa belajar sambil bermain sangatlah menyenangkan, begitu semangatnya mereka bermain hingga mereka tidak sadar bahwa mereka sebetulnya juga sedang belajar. Selain itu, mereka juga lebih mudah memahami pelajaran yang terdapat pada game tersebut. Memang, jika kita mempelajari sesuatu dengan menyenangkan maka kita akan lebih mudah menangkap setiap informasi yang ada di dalamnya.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah mencoba untuk mengajak siswa anda bermain dalam kelas bahasa inggris? Jika belum, anda bisa memulainya dengan beberapa contoh game Bahasa Inggris di bawah ini : 

FIRST and LAST.
Game ini adalah game individu dan bertujuan untuk mengingat-ingat lagi kosakata yang dimiliki oleh tiap siswa. Permainan ini sangat ideal sebagai Icebreaker di awal atau di akhir pelajaran.
Cara Bermain:
Mulailah permainan ini dengan menunjuk salah satu siswa (siswa A)di pojok depan untuk mengucapkan satu kata dalam bahasa Inggris. Misalnya; "CAR", kemudian mintalah pada siswa yang berada di sampingnya (siswa B) untuk mengucapkan kata yang berawalan dengan huruf R, karena kata CAR berakhiran dengan huruf R misalnya "RABBIT". Berikutnya, mintalah siswa disamping siswa B untuk mengucapkan sebuah kata yang berawalan dengan huruf T dan seterusnya.
Ingat bahwa untuk setiap kata yang sudah diucapkan tidak diperbolehkan untuk mengulangi lagi.

PANTOMIME GAME 
Game ini adalah game individu yang sangat menarik bagi siswa pada level elementary atau pre-intermediate. Tujuannya adalah mengajak siswa untuk mengingat kosakata dan menggabungkannya dalam sebuah kalimat.

Cara bermain:
Tuliskah sebuah kata atau kalimat dalam bahasa Inggris di atas selembar kertas, tapi jangan tunjukkan pada semua siswa. Kemudian, tunjuklah salah satu siswa untuk maju ke depan kelas dan katakan padanya bahwa ia harus memperagakan kata atau kalimat tersebut dengan menggunakan bahasa isyarat.   Lalu mintalah pada siswa yang lain untuk menebak kata atau kalimat yang sesuai dengan peragaan tersebut.  Siswa atau grup yang lebih dahulu bisa menjawab adalah pemenangnya.

Permainan  ini bisa dilakukan dengan menggunakan tema tertentu, misalnya tentang nama pekerjaan, nama binatang, tempat dan sebagainya. Apabila anak sudah cukup menguasainya bisa dikembangkan lagi dengan tema Grammar, misalnya siswa harus mengungkapkan jawabannya dengan menggunakan Tenses tertentu.
Selamat mencoba !! 

6 komentar:

  1. wow, it sounds great, I'll try it..maturnuwun geh mpun sharing

    BalasHapus
  2. share lg dong tentang game untuk bembelajaran bahasa inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih...visit my new blog : http://blogbahasainggrisku.blogspot.com

      Hapus